1 Petrus 5:7 – Mengatasi Rasa Kuatir

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya,
sebab Ia yang memelihara kamu.

Rasa kuatir pasti pernah muncul dalam diri tiap manusia. Anda pun pernah merasa kuatir, bukan?

Namun tidak baik kalau kita tetap tinggal di dalam kekuatiran. Kekuatiran yang berlebihan pada suatu hal akan membuat kita kehilangan gairah. Juga membuat kita kehilangan

Mengapa kita merasa kuatir?

Menurut saya, manusia membutuhkan jaminan dalam hidup ini. Akan tetapi, saat keadaan sudah tidak terjamin, itulah saatnya kita merasa kuatir.

Bayangkan seandainya besok tidak ada bahan makanan di dunia ini. Tentu akan timbul rasa panik. Kita membutuhkan jaminan ketersediaan pangan demi melangsungkan hidup kita. Atau kita lihat negara adidaya seperti Amerika. Bukan rahasia lagi kalau mereka sangat kuatir jika pasokan minyak jadi langka atau harganya melangit. Mereka membutuhkan jaminan stabilitas harga dan jaminan ketersediaan minyak demi menjalankan negaranya.

Apa yang Anda kuatirkan sekarang ini?

Firman yang jadi dasar renungan hari ini memberikan kita satu jaminan pasti untuk dapat mengatasi kekuatiran kita.

Petrus mengatakan bahwa Allah memelihara hidup kita. Hanya saja, jika Anda merasakan kekuatiran sekarang, serahkanlah seluruhnya kepada Tuhan. Martin Luther pernahkan mengatakan demikian, “Berdoalah pada Tuhan, dan biarkan Tuhan yang kuatir karena masalah Anda”. Sungguh suatu pernyataan yang sangat menarik. Jadikanlah doa sebagai tempat untuk menyampaikan seluruh kekuatiran Anda. Namun, setelah Anda mengatakan Amin, jangan lagi kekuatiran itu ada pada Anda. Biarkan Tuhan yang bekerja dengan caraNya untuk membantu Anda mengatasi permasalahan Anda.

Doa: Ya Allah Bapa, aku ingin menyerahkan kekutiranku hari ini padaMu. Ambillah seluruhnya agar bebanku lepas. Sehingga aku dapat melihat caraMu bagiku untuk mengatasi masalahku. Amin.


Paskah