1 Petrus 5:7 – Mengatasi Rasa Kuatir

June 9, 2011 by: 0

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya,
sebab Ia yang memelihara kamu.

Rasa kuatir pasti pernah muncul dalam diri tiap manusia. Anda pun pernah merasa kuatir, bukan?

Namun tidak baik kalau kita tetap tinggal di dalam kekuatiran. Kekuatiran yang berlebihan pada suatu hal akan membuat kita kehilangan gairah. Juga membuat kita kehilangan

Mengapa kita merasa kuatir?

Menurut saya, manusia membutuhkan jaminan dalam hidup ini. Akan tetapi, saat keadaan sudah tidak terjamin, itulah saatnya kita merasa kuatir.

Bayangkan seandainya besok tidak ada bahan makanan di dunia ini. Tentu akan timbul rasa panik. Kita membutuhkan jaminan ketersediaan pangan demi melangsungkan hidup kita. Atau kita lihat negara adidaya seperti Amerika. Bukan rahasia lagi kalau mereka sangat kuatir jika pasokan minyak jadi langka atau harganya melangit. Mereka membutuhkan jaminan stabilitas harga dan jaminan ketersediaan minyak demi menjalankan negaranya.

Apa yang Anda kuatirkan sekarang ini?

Firman yang jadi dasar renungan hari ini memberikan kita satu jaminan pasti untuk dapat mengatasi kekuatiran kita.

Petrus mengatakan bahwa Allah memelihara hidup kita. Hanya saja, jika Anda merasakan kekuatiran sekarang, serahkanlah seluruhnya kepada Tuhan. Martin Luther pernahkan mengatakan demikian, “Berdoalah pada Tuhan, dan biarkan Tuhan yang kuatir karena masalah Anda”. Sungguh suatu pernyataan yang sangat menarik. Jadikanlah doa sebagai tempat untuk menyampaikan seluruh kekuatiran Anda. Namun, setelah Anda mengatakan Amin, jangan lagi kekuatiran itu ada pada Anda. Biarkan Tuhan yang bekerja dengan caraNya untuk membantu Anda mengatasi permasalahan Anda.

Doa: Ya Allah Bapa, aku ingin menyerahkan kekutiranku hari ini padaMu. Ambillah seluruhnya agar bebanku lepas. Sehingga aku dapat melihat caraMu bagiku untuk mengatasi masalahku. Amin.

Share this Story
Categories
Tags

Pdt. Reinhard PP Lumbantobing, S.Th adalah pendeta Gereja HKBP Cilincing Ressort Jatiwaringin. Menikah dengan Ibu Pdt. Melati Butarbutar dan telah dikaruniai dengan seorang putri. Anak dari Pdt. Robert Lumbantobing, SMTh ibu boru Munthe yang sekarang melayani di HKBP Petojo Ressort Petojo Jakarta Barat. Pendeta Reinhard adalah founder dari pargodungan.org.

Add a Comment on "1 Petrus 5:7 – Mengatasi Rasa Kuatir"

Follow us

Christian Quotes

The Christian life is not a constant high. I have my moments of deep discouragement. I have to go to God in prayer with tears in my eyes, and say, ‘O God, forgive me,’ or ‘Help me.’ – Billy Graham

Humor Kristen

Pada hari Sabtu, seorang pendeta pergi jalan2x keluar pastori dan berkunjung ke rumah jemaatnya. Di sebuah rumah, tampaklah seorang wanita (jemaatnya) sedang berada di rumahnya, tetapi tidak seorang pun berani mengetuk pintu itu. Kemudian Pendeta ini akhirnya memberanikan diri untuk menghampiri pintu rumah itu setelah dia berfikir beberapa saat. Akhirnya, Pendeta mengambil secarik kertas di sakunya dan menuliskan ayat dalam kitab Wahyu 3:20. Kemudian ia segera menempelkan kertas yang bertuliskan sebuah pesan itu di pintu. "Lihat, aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suaraku dan membukakan pintu, aku akan masuk mendapatkannya dan aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan aku." Di hari berikutnya, setelah kebaktian Minggu selesai, Pendeta ini menemukan di dalam kantong persembahan, secarik kertas yang ia tempelkan di pintu rumah jemaatnya. Tepat di bawah pesan Pendeta itu, tertulis sebuah ayat dari kitab Kejadian 3:10: "Aku mendengar suaramu di dalam taman, dan aku takut karena aku telanjang, dan aku bersembunyi!" | Klik LIKE jika Anda suka!