3 Pertanyaan Sebelum Membuat Facebook Gereja Anda Sendiri

5 June 201246 pembaca |

Banyak Gereja yang sekarang ini sudah mulai memanfaatkan Media Sosial seperti facebook atau twitter untuk pelayanannya. Media sosial seperti itu sangat bermanfaat bagi gereja yang tidak punya website sendiri. Hal ini penting juga mengingat bahwa orang-orang juga mulai terlebih dulu mengunjungi halaman situs sebuah gereja sebelum datang ke gereja tersebut. Jadi, gereja yang tidak punya situs sendiri dapat mendapat alternatif lewat facebook, twitter atau sejenisnya.

Apakah gereja Anda punya akun facebook sendiri? Atau apakah Anda adalah pengelola media sosial di Gereja Anda? Ron Edmonson, seorang pakar di bidang sosial media memberikan tiga hal yang harus dijawab oleh gereja yang menggunakan media sosial untuk pelayanannya.

1. Apakah Gereja Anda ingin menjangkau orang-orang muda?

Jika Anda ingin menjangkau banyak orang saat ini, Anda harus pergi ke tempat di mana mereka berada. Dan tentu saja, anak-anak, orang tua dan para pemuda saat ini sudah menggunakan media sosial. Di situlah Anda dapat menemukan mereka. Kebanyakan anak-anak muda sekarang sangat senang menggunakan media sosial. Lakukan survei pada orang-orang di gereja Anda, dan Anda akan terkejut pada temuan Anda.

2. Apakah ada yang mengelolanya?

3 Pertanyaan Sebelum Membuat Facebook Gereja Anda Sendiri  tips trik  Media Sosial Gereja Facebook

Tentu Anda tidak bisa berharap dengan adanya facebook gereja, maka otomatis orang-orang akan berkumpul di sana begitu saja. Anda harus berkomitmen dan melakukan banyak usaha di dalamnya. Jika akun gereja Anda tidak aktif maka itu berarti sama saja dengan tidak pernah membuatnya. Dan, itu juga sama seperti tidak pernah mengangkat telepon orang-orang yang menghubungi Anda. Oleh sebab itu Anda harus mengelolanya dengan baik.

3. Apakah memang gereja Anda bear-benar membutuhkan media sosial?

Dapatkah Anda menjangkau orang-orang yang tidak ke gereja tanpa media sosial? Jika Anda dapat, mungkin Anda tidak membutuhkan media sosial di gereja Anda. Jika Anda tidak yakin, mungkin Anda harus mencobanya, papar Edmonson. Satu hal yang bisa Anda lakukan untuk meyakinkan diri sendiri, temuilah seseorang atau beberapa orang yang aktif di media sosial seperti facebook atau twitter. Mintalah bantuan mereka untuk mendukung gereja dalam usaha ini. Anda tidak dapat menugaskan pekerjaan ini pada staff gereja/pada orang yang tidak pernah menggunakan media sosial atau yang tidak pernah tertarik pada media sosial. Temukan orang yang tepat, berikan mereka otoritas dan tanggungjawab, dan biarkan mereka membangun Kerajaan Allah lewat sosial media.

Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah tiga pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan mudah? Kami kembalikan pada Anda. :)

Anda suka? Yuk bagikan artikel ini ke teman-teman!

Anda membaca "3 Pertanyaan Sebelum Membuat Facebook Gereja Anda Sendiri". Jika Anda menyalinnya, harap cantumkan link url berikut:

Tags: , ,

Silahkan memberikan tanggapan di sini!

Ayat Emas Hari Ini

Advent IV

Lukas 1:26-38
2 Samue 7:1-11+16
Bagia Allah Tidak Ada yang Mustahil

×