Almanak Online

Baca Almanak HKBP Online dan Renungannya di sini!

Apakah Almanak HKBP?

Almanak HKBP ONLINEAlmanak HKBP adalah bacaan Alkitab yang telah ditentukan untuk satu tahun berdasarkan tahun Gerejawi. Yang dimaksud Tahun Gerejawi adalah hari raya liturgi yang tersusun berdasarkan kehidupan pelayanan, sengsara, kematian, dan kebangkitan Yesus Kristus.

Almanak Online

Download Gratis Almanak HKBP Online

Apakah ada cara untuk mendapatkan Almanak per tahun (misalnya tahun 2015, 2016, 2017)? Jika Anda mencari dokumen dalam format PDF, hal itu bukan tidak mungkin – jika situs HKBP mengijinkannya.

Renungan Harian Online

Jika Anda ingin membaca renungan yang sesuai dengan ayat harian tersebut, cukup klik link ayatnya. Bagi pengguna komputer atau laptop, cukup arahkan kursor mouse Anda ke ayat, maka akan muncul ayat harian yang sesuai almanak. Sementara bagi pengguna Galaxy Note, cukup arahkan galaxy pen Anda ke ayat tersebut (tanpa menyentuh layar), maka ayat Alkitab atau peristiwa penting dalam sejarah akan muncul otomatis.

Berikut ini adalah Almanak HKBP Online per bulan berisi ayat renungan harian dan sejarah gereja.

« Prev October 2014 Next »
Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sunday
    1
* Kolose 2:14Kolose 2:14

Kolose 2:14 dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib: Kolosse 2:14 Disesa do surat tangan i na dompak hita, i ma angka patik na maralohon hita; dipadao do i, dilohothon tu silang i.

2
* Kejadian 35:3Kejadian 35:3

Kejadian 35:3 Marilah kita bersiap dan pergi ke Betel; aku akan membuat mezbah di situ bagi Allah, yang telah menjawab aku pada masa kesesakanku dan yang telah menyertai aku di jalan yang kutempuh." 1 Musa 35:3 Beta ma hita nangkok tu Betel, asa hupauli disi sada langgatan di Debata, na mangalusi ahu di ari hagogotanki, jala didongani ahu di dalan na hudalani i.

3
* Yakobus 4:15Yakobus 4:15

Yakobus 4:15 Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." Jakobus 4:15 Singkat ni i ma nian dohononmuna: Molo na lomo roha ni Tuhan i, mangolu ma hami, jala bahenonnami ma on dohot an.

* Sinode Godang IstimewaSinode Godang Istimewa

3-7 Oktober 1962 : Sinode Godang Istimewa di Seminarium Sipoholon

4
* Amsal 29:25Amsal 29:25

Amsal 29:25 Takut kepada orang mendatangkan jerat, tetapi siapa percaya kepada TUHAN, dilindungi. Poda 29:25 Biar mida jolma mambahen jorgong, alai manang ise na marhaposan tu Jahowa gabe timbul sogot.

* Sinode Godang IstimewaSinode Godang Istimewa

3-7 Oktober 1962 : Sinode Godang Istimewa di Seminarium Sipoholon

5
* Ep. Filipi 3:4b-14Ep. Filipi 3:4b-14

Jika ada orang lain menyangka dapat menaruh percaya pada hal-hal lahiriah, aku lebih lagi: 3:5 disunat pada hari kedelapan, dari bangsa Israel, dari suku Benyamin, orang Ibrani asli, tentang pendirian terhadap hukum Taurat aku orang Farisi, 3:6 tentang kegiatan aku penganiaya jemaat, tentang kebenaran dalam mentaati hukum Taurat aku tidak bercacat. 3:7 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, 3:9 dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan. 3:10 Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, 3:11 supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. 3:12 Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. 3:13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, 3:14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

* Ev. Yesaya 5:1-7Ev. Yesaya 5:1-7

5:1 Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang kekasihku, nyanyian kekasihku tentang kebun anggurnya : Kekasihku itu mempunyai kebun anggur di lereng bukit yang subur. 5:2 Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga di tengah-tengahnya dan menggali lobang tempat memeras anggur; lalu dinantinya supaya kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi yang dihasilkannya ialah buah anggur yang asam. 5:3 Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem, dan orang Yehuda, adililah antara Aku dan kebun anggur-Ku itu. 5:4 Apakah lagi yang harus diperbuat untuk kebun anggur-Ku itu, yang belum Kuperbuat kepadanya? Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yang baik, mengapa yang dihasilkannya hanya buah anggur yang asam? 5:5 Maka sekarang, Aku mau memberitahukan kepadamu apa yang hendak Kulakukan kepada kebun anggur-Ku itu: Aku akan menebang pagar durinya, sehingga kebun itu dimakan habis, dan melanda temboknya, sehingga kebun itu diinjak-injak; 5:6 Aku akan membuatnya ditumbuhi semak-semak, tidak dirantingi dan tidak disiangi, sehingga tumbuh puteri malu dan rumput; Aku akan memerintahkan awan-awan, supaya jangan diturunkannya hujan ke atasnya. 5:7 Sebab kebun anggur TUHAN semesta alam ialah kaum Israel, dan orang Yehuda ialah tanam-tanaman kegemaran-Nya; dinanti-Nya keadilan, tetapi hanya ada kelaliman, dinanti-Nya kebenaran tetapi hanya ada keonaran.

* Sinode Godang IstimewaSinode Godang Istimewa

3-7 Oktober 1962 : Sinode Godang Istimewa di Seminarium Sipoholon

6
* Ibrani 1:14Ibrani 1:14

Ibrani 1:14 Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan? Heber 1:14 Nda saluhut nasida tondi parhobas, angka na sinuru, mangurupi angka sitean haluaon i?

* Sinode Godang IstimewaSinode Godang Istimewa

3-7 Oktober 1962 : Sinode Godang Istimewa di Seminarium Sipoholon

7
* Ulangan 6:7Ulangan 6:7

Ulangan 6:7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. 5 Musa 6:7 Jala ingkon gogoonmu mangajarhon angka i tu angka anakmu, jala taringotanmu angka i, molo hundulhundul ho di bagasan jabum, manang mardalani ho di pardalanan, manang laho modom pe ho, nang dung hehe muse.

* Sinode Godang IstimewaSinode Godang Istimewa

3-7 Oktober 1962 : Sinode Godang Istimewa di Seminarium Sipoholon

* Jubileum 100 Tahun HKBPJubileum 100 Tahun HKBP

7 Oktober 1961 : Jubileum 100 tahun HKBP di Tarutung

* Peresmian Univ.NommensenPeresmian Univ.Nommensen

7 Oktober 1954: Peresmian Universitas Nommensen di Pematangsiantar, sekaligus perpindahan Pendidiakan Teologia dari Seminarium Sipoholon ke Pematangsiantar.

* Hari Lahir Gereja HKBPHari Lahir Gereja HKBP

Pada tanggal 7 Oktober 1861, empat orang pendeta mengadakan rapat untuk merencanakan dan membagi tugas pelayanan mereka di daerah Tapanuli, yakni Pdt. Heine, Pdt. Klammer, Pdt. Betz dan Pdt. Van Asselt. Hari ini menjadi permulaan pelayanan Rheinische Mission Gesselschaft (RMG) di Tanah Batak dan ditetapkan sebagai hari lahir Gereja Huria Kristen Batak Protestan. Perhatikan bahwa singkatan HKBP konon katanya berkaitan dengan nama keempat pendeta tersebut.

8
* Wahyu 15:3Wahyu 15:3

Wahyu 15:3 Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa! Pangungkapon 15:3 Jadi diendehon nasida ma ende ni Musa, naposo ni Debata, dohot ende ni Birubiru i, angka ninna ma: Na balga jala halongangan do angka ulaonmu, ale Tuhan Debata. Sigomgom saluhutna; na tigor jala na sintong do angka dalanmu, ale Raja ni angka bangso!

9
* Keluaran 20:2Keluaran 20:2

Keluaran 20:2 "Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. 2 Musa 20:2 Ahu do Jahowa Debatam, na paruarhon ho sian tano Misir, sian bagas parhatobananmu.

10
* 1 Raja-raja 2:1-31 Raja-raja 2:1-3

1 Raja-raja 2:1-3 Ketika saat kematian Daud mendekat, ia berpesan kepada Salomo, anaknya: "Aku ini akan menempuh jalan segala yang fana, maka kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki. Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju, 1 Raja-Raja 2:1-3 Jadi dung lam jonok ajal ni si Daud laho mate, martona ma ibana tu anakna si Salomo, ninna ma: Na laho ma anggo ahu tumopot dalan ni saluhut manisia isi ni tano on. Antong marsihohot ma roham jala pir tondim. Jala radoti pangoloion tu Jahowa Debatam, asa marparange ho di angka dalanna laho mangaradoti angka patikna, angka tonana, angka uhumna dohot angka panindangionna, hombar tu na tarsurat di bagasan patik ni si Musa, asa marbisuk ho di sude sibahenonmu dohot di sude na tinembak ni roham disi.

11
* 1 Yohanes 5:141 Yohanes 5:14

1 Yohanes 5:14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. 1 Johannes 5:14 On do hiras ni rohanta maradophon Ibana: Molo tapangido manang aha marguru tu lomo ni rohana, tangihononna do hita.

12
13
* Yesaya 43:18-19Yesaya 43:18-19

Yesaya 43:18-19 firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. Jesaya 43:18-19 Unang be paingotingot hamu angka na masa najolo, jala unang be pingkiri hamu angka na robi: Ida ma: Bahenonku ma na imbaru, nunga pola martumbur nuaeng; tung so tandaonmuna ma i? Songon do tahe, bahenonku ma dalan di halongonan, angka batang aek di tano bangkalbangkal.

14
* 1 Tesalonika 5:181 Tesalonika 5:18

1 Tesalonika 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. 1 Tesalonik 5:18 Mandok mauliate ma hamu siala saluhutna! Ai i do dipangido Debata sian hamu marhitehite Kristus Jesus.

15
* Yeremia 3:23Yeremia 3:23

Yeremia 3:23 Sesungguhnya, bukit-bukit pengorbanan adalah tipu daya, yakni keramaian di atas bukit-bukit itu! Sesungguhnya, hanya pada TUHAN, Allah kita, ada keselamatan Israel! Jeremia 3:23 Tongon tahe, ndang adong hirimon hatuaon sian angka robean, manang sian angka dolokdolok, ai holan sian Jahowa Debatanta ro hatuaon ni Israel.

16
* 1 Raja-raja 20:111 Raja-raja 20:11

1 Raja-raja 20:11 Tetapi raja Israel menjawab, katanya: "Katakanlah! Orang yang baru menyandangkan pedang janganlah memegahkan diri seperti orang yang sudah menanggalkannya." 1 Raja-Raja 20:11 Dung i ninna raja ni Israel ma mangalusi, dok hamu ma tu rajai: Ndang jadi nian manenganenga halak na manandang podangna, hira songon halak naung mambahen sinjatana tu rompean.

17
* Mazmur 25:1b-2Mazmur 25:1b-2

Mazmur 25:1-2 Dari Daud. Kepada-Mu, ya TUHAN, kuangkat jiwaku; Allahku, kepada-Mu aku percaya; janganlah kiranya aku mendapat malu; janganlah musuh-musuhku beria-ria atas aku. Psalmen 25:1-2 Ho do, ale Jahowa, dihalungunhon rohangku. Ale Debatangku, marhaposan tu Ho do ahu, unang tung paila ahu, asa unang marsuraksurak angka musungku mida ahu.

18
* Efesus 5:17Efesus 5:17

Efesus 5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Epesus 5:17 Dibahen i, unang ma gabe maoto hamu; alai antusi hamu ma, manang dia lomo ni roha ni Tuhan i.

19
20
* Lukas 6:20Lukas 6:20

Lukas 6:20 Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya dan berkata: "Berbahagialah, hai kamu yang miskin, karena kamulah yang empunya Kerajaan Allah. Lukas 6:20 Dung i dibereng ma angka siseanna, huhut ma didok: Martua ma hamu angka na pogos, ai di hamu do harajaon ni Debata!

21
* Mazmur 32:5Mazmur 32:5

Mazmur 32:5 Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. Sela Psalmen 32:5 Jadi hupabotohon ma tu Ho dosangku jala ndang huhungkupi salangku; ningku do: Topotanku ma angka pangalaosingku tu Jahowa, jadi marpamuati do roham di utang ni dosangki.

22
* Mazmur 91:15Mazmur 91:15

Mazmur 91:15 Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Psalmen 91:15 Jouonna ma Ahu, jadi alusanku ma ibana, sai dongananku do ibana jumpa hagogotan, paluaonku do ibana, jala marmulia ibana bahenonku.

23
* Ayub 33:13-14Ayub 33:13-14

Ayub 33:13-14 Mengapa engkau berbantah dengan Dia, bahwa Dia tidak menjawab segala perkataanmu? Karena Allah berfirman dengan satu dua cara, tetapi orang tidak memperhatikannya. Job 33:13-14 Boasa ma tung manarita ho dompak Ibana, ala so nialusanna ho taringot tu pambahenanna sudena? Ai gari Debata sahali, dua hali pe Ibana mangkuling, hape ndang diparateatehon jolma.

* Distrik Indonesia Bagian TimurDistrik Indonesia Bagian Timur

23 Oktober 1994: Peresmian HKBP Distrik Indonesia Bagaian Timur (IBT)

24
* Wahyu 3:11Wahyu 3:11

Wahyu 3:11 Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu. Pangungkapon 3:11 Magira ma Ahu ro. Tiop ma na di ho, unang adong na mambuat tumpalmi!

25
* 2 Korintus 6:132 Korintus 6:13

2 Korintus 6:13 Maka sekarang, supaya timbal balik — aku berkata seperti kepada anak-anakku —: Bukalah hati kamu selebar-lebarnya! 2 Korintus 6:13 Songon na tu anakkonku ma hatangkon: Palambas hamu ma nang rohamuna, balos ni i!

26
* Sinode Godang ke 54Sinode Godang ke 54

26 Oktober – 1 Nopember 1998: Sinode Godang ke 54 di Pematang Siantar / Balige. Pada sinode ini, Pdt. Dr. J.R. Hutauruk terpilih sebagai Pejabat Ephorus dengan tugas menyelenggarakan rekonsiliasi selambat-lambatnya enam bulan.

27
* Matius 7:21Matius 7:21

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Mateus 7:21 Ndada saluhut halak, na mandok Ahu Tuhanna, bongot sogot tu harajaon banua ginjang i, holan angka na mangulahon lomo ni roha ni Damang na di banua ginjang i do!

28
* Yesaya 25:1Yesaya 25:1

Yesaya 25:1 Ya TUHAN, Engkaulah Allahku; aku mau meninggikan Engkau, mau menyanyikan syukur bagi nama-Mu; sebab dengan kesetiaan yang teguh Engkau telah melaksanakan rancangan-Mu yang ajaib yang telah ada sejak dahulu. Jesaya 25:1 Ale Jahowa, ho do Debatangku, sai patimbulonku do ho, pujionku do goarmu, ai nunga mambahen halongangan ho; angka sangkapmu sian narobi pe na bonar jala na sintong do.

29
* Ibrani 10:35Ibrani 10:35

Ibrani 10:35 Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. Heber 10:35 Onpe, unang ma bolongkon hamu hiras ni rohamuna, ai balga do upa ni i!

30
* Yohanws 1:16Yohanws 1:16

Yohanes 1:16 Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; Johannes 1:16 Ai sian hamoraonna do saluhut hita manjalo, i ma asi ni roha na so marnamontok.

31
* Yohanes 17:6Yohanes 17:6

Yohanes 17:6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu. Johannes 17:6 Nunga hupapatar Goarmi tu jolma angka na nilehonmi tu Ahu sian portibi on. Ho hian do nampuna nasida, jala dilehon Ho do nasida tu Ahu; diradoti nasida do hatami.

   

pargodungan.org | khotbah, renungan harian, gaya hidup kristen, spiritualitas, partitur koor, pacaran, pernikahan, karir dan pekerjaan, makalah kristen, gereja, download alkitab, software pelayanan gereja

Anda ingin membaca artikel ini? Gabung Yuk! Pastikan Anda sudah mengklik salah satu tombol di bawah!

×