Cara cepat membaca Alkitab dalam setahun

Sudahkah anda membaca seluruh isi Alkitab? Belum? Nah lo, belum baca seluruh isinya koq bisa percaya seluruh isi Alkitab? Ibaratnya membeli kucing dalam karung, peduli amat isinya apa, yang penting gw percaya.

Padahal bukan itu yang diinginkan Tuhan. Tuhan menginginkan agar kita, anak-anakNya, dapat mengenalNya lebih dalam lagi. Bagaimana cara kita mengenal Allah? Tentu dengan membaca FirmanNya.

Selain untuk mengenal Tuhan, ternyata banyak sekali manfaat dari membaca Alkitab, berdasarkan beberapa penelitian dilaporkan bahwa kebanyakan orang yang membaca Alkitab memiliki tekanan darah yang lebih rendah, tingkat depresi lebih rendah, lebih sedikit menderita penyakit jantung, jarang yang kecanduan obat maupun alkohol, lebih sehat, dan jarang mengalami perpecahan dalam perkawinan, bahkan lebih produktif di tempat kerja.

Terbukti banyak sekali manfaat dari membaca Alkitab, tepat seperti yang disebutkan dalam Yosua 1:8 “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung,” dan juga Mazmur 1:1-2 “Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.”

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya membaca Alkitab supaya tuntas dalam setahun saja?

Percaya atau tidak, bila kita membaca Alkitab dengan keras dengan kecepatan berbicaranya seperti biasa, kita hanya membutuhkan waktu 70 jam, 40 menit. Dan dengan membaca 4 pasal tiap-tiap hari, anda dapat menyelesaikan Alkitab dalam setahun (375 hari).

Karena itu, berdasarkan fakta-fakta di atas, berikut ini adalah cara cepat untuk membaca Alkitab dalam setahun:

  1. Buat komitmen menyelesaikan pembacaan seluruh isi Alkitab, berdoalah kepada Tuhan, mintalah tuntunan Roh Kudus agar anda dimampukan untuk dapat mengerti FirmanNya dan agar anda juga dapat menjalani komitmen tersebut.
  2. Buatlah waktu-waktu khusus membaca Alkitab setiap hari secara teratur. Misalnya waktu setelah bangun tidur, agar anda lebih semangat untuk membacanya. Tidak disarankan membaca Alkitab setelah makan, karena Anda akan lebih mudah mengantuk setelah makan.
  3. Mulai dari kitab Injil di Perjanjian Baru, terutama Injil Yohanes. Mengapa? Karena Injil Yohanes merupakan gambaran besar karya penebusan Kristus. Tidak masalah bila anda mau memulainya dari Injil Matius, hanya saja biasanya beberapa orang yang membaca Matius bosan ketika melihat silsilah yang memulai kitab Injil Matius. “kakeknya bokap gw aja gw ga tau namanya, lahh ini daftarnya puaanjaangg”.
  4. Setelah Injil Yohanes selesai, bacalah Injil Matius, Injil Markus, dan Injil Lukas. Anda boleh saja membolak-balik susunan pembacaan kitab Injil.
  5. Injil sudah selesai nih, lanjutkan membaca Kisah Para Rasul sampai Surat Yudas ya.
  6. Kemudian bacalah kitab Perjanjian Lama, mulailah dari kitab Mazmur dan Amsal. Kenapa tidak disarankan untuk langsung ke Kitab Wahyu? Ini dikarenakan banyak orang yang sudah membaca kitab Wahyu menjadi takut, dan berhenti membaca Alkitab. Ada baiknya kita membaca kitab Wahyu jika kita sudah membaca kitab para nabi tentang nubuatan akhir terlebih dulu, misalnya kitab Daniel.
  7. Mazmur dan Amsal selesai, silahkan baca kitab Kejadian, Keluaran, dst sampai Maleakhi. Kemudiaan masuk ke Wahyu.
  8. Ulangi lagi pembacaan Alkitab. Kali ini silahkan mulai dari Kejadian hingga ke Wahyu.

Ingat

  • Selalu minta tuntunan Roh Kudus ketika membaca Alkitab
  • Bertanyalah selalu saat Anda menganalisa isi Alkitab
  • Jika anda tidak mengerti kata-kata yang tertulis dalam Alkitab, silahkan baca Kamus Alkitab, tanya orang lain yang berkompeten (pendeta atau penatua), atau just Google it. :)
  • Gunakan stabilo atau pulpen untuk menandai ayat-ayat yang berkesan
  • Catat hal-hal yang penting yang Anda dapatkan dari pembacaan Alkitab di buku catatan ataupun di Alkitab
  • Lakukan setiap perintah Tuhan yang tertulis dalam Alkitab, percuma Anda membaca tapi tidak mempraktekkannya.
  • Jangan lupa bagikan apa yang sudah Anda dapatkan kepada orang lain. Bisa saja anda bagikan di kotak komentar di bawah ini. :)

Sumber:

http://motivationarea.blogspot.com/2011/04/tips-membaca-alkitab.html

http://pgi.or.id/?pg=articles&article=72948

http://real-jesus.blogspot.com/

http://www.wikihow.com/Read-the-Bible

http://powerfulgroovyyou.wordpress.com/pedoman-bacaan-alkitab-2008/

http://pondokpenabur.blogspot.com/2008/05/berapa-jam-yang-diperlukan-untuk.html


Paskah