Gaya Hidup

Inspirasi, Gaya Hidup, Hubungan, Pekerjaan, Sikap Hidup, Prinsip Hidup, Motivasi Kristen, Parenting, Pacaran, Buku Rohani

Tahukah Anda?

Rugi kalau tidak baca! Tahukah Anda berisi fakta-fakta unik, lucu, aneh yang berkaitan dengan gereja, Alkitab dan kehidupan Kristen.

Tips & Trik

Panduan dan kiat-kita praktis untuk melakukan apa pun yang berguna untuk mendukung kehidupan Anda.

Makalah

Studi tentang gereja, pelayanan, sejarah, dsb. Bagi kamu yang ingin sedikit “mengernyitkan dahi” saat membacanya.

Resources

Kumpulan Software, Aplikasi Pelayananan Kristen, Alkitab Download, Lagu Rohani, Multimedia, Ebook, Dokumen, dan Materi pelayanan di gereja.

Cara Memilih Ayat Liturgi Natal & Contoh Kumpulan Ayat Natal

| 22 November 201199 pembaca

Awalnya, di Gereja HKBP saat ibadah perayaan Natal (tanggal 25 dan 26 Desember) anak-anak ditugaskan menjadi liturgis untuk mengucapkan ayat-ayat Alkitab yang sudah di hapal sebelumnya. Namun pada perkembangan berikutnya bukan hanya anak-anak, tetapi pemuda dan orangtua pun diikutsertakan ambil bagian menjadi liturgis untuk mengucapkan “liturgi natal”.

Nah, kemarin ada seseorang yang mengirimkan email kepada kami lewat halaman kontak. Isi emailnya menanyakan contoh-contoh ayat Alkitab yang bisa dipakai untuk Natal. Well, terimakasih atas email kiriman tersebut. Di sini saya akan mencoba memberikan jawabannya dan sekaligus berbagi dengan seluruh pengunjung pargodungan yang barangkali juga memiliki pertanyaan yang sama.

Namun di sini bukan hanya contoh yang akan saya sampaikan. Sangat berguna jika Anda juga mengetahui bagaimana cara untuk memilih teks Alkitab yang dapat dipakai untuk liturgi natal.

Langsung saja. Pada saat ibadah natal, kumpulan ayat-ayat liturgi natal selalu di bagi ke dalam beberapa kelompok tertentu. Kelompok ayat-ayat Alkitab itu yaitu:

1. Berita Penciptaan
2. Kejatuhan Manusia ke dalam dosa
3. Janji kedatangan Mesias
4. Kelahiran Juruselamat
5. Ucapan Syukur atas Keselamatan

Berdasarkan urutan pengelompokan seperti itu, Anda dapat dengan mudah mencari ayat-ayat yang pas, cocok dan sesuai dengan jumlah peserta liturgi natal (liturgis). Sekali lagi begini, cara memilih ayat liturgi, terlebih dahulu bacalah ayat-ayat Alkitab yang mungkin baik untuk dijadikan liturgi. Setelah itu, tempatkanlah ayat-ayat yang sudah dipilih ke dalam beberapa kelompok tadi menurut jumlah ayat per kelompok yang Anda butuhkan.

Namun, seandainya pun jumlah liturgis untuk tiap kelompok sangat banyak (misalkan lebih dari 10 orang), Anda dapat memotong ayat-ayat yang panjang menjadi beberapa bagian sehingga jumlah yang harus dicapai dapat terpenuhi semua. Misalnya, Zakharia 10:6. Ayat tersebut dapat diperkecil menjadi dua bagian karena memiliki anak kalimat yang cukup panjang. Jika sudah dibagi, hasilnya menjadi:

Zakharia 10:6a, “Aku akan membuat kuat kaum Yehuda, dan Aku menyelamatkan keturunan Yusuf. Aku akan membawa mereka kembali, sebab Aku menyayangi mereka.”
Sedangkan bagian Zakharia 10:6b, “Dan keadaan mereka seakan-akan tidak pernah ditolak oleh Aku, sebab Akulah TUHAN, Allah mereka, dan Aku akan menjawab mereka.”

Setelah ayat-ayat liturgi dipilih, agar memiliki satu kesatuan dengan tema perayaan natal yang sudah ditetapkan maka Anda cukup menyusun dan merangkai kata-kata pengantar (prolog) untuk setiap bagian kelompok yang saya sebutkan tadi. Di sini saya tidak akan membahas cara menyusun prolog secara mendalam karena butuh pemikiran dan pertimbangan yang mendalam (ceileh!). Tapi yang penting dari setiap prolog liturgi adalah “kemampuannya untuk membimbing atau mengantar jemaat memahami ayat-ayat Alkitab yang akan diucapkan para liturgis sesuai dengan tema perayaan natalnya.” Ayat-ayat Alkitab pun dapat dijadikan sebagai prolog. Namun, jika Anda kesulitan pada bagian ini, silahkan hubungi kami lewat halaman kontak dan sebutkan tema dan sub tema perayaan natal Anda. Tapi, meski kami berusaha membalas email Anda secepat mungkin, saya tetap merekomendasikan Pendeta di Gereja Anda untuk membimbing Anda.

Sekarang, kita akan melihat contoh ayat liturgi natal yang dapat Anda gunakan dalam ibadah natal sesuai dengan urutan kelompoknya.

1. Berita Penciptaan
Kejadian 1:1-31; Kejadian 2:4-7; Kejadian 2:1-3; Mazmur 33:4-9; Mazmur 66:3-4; Mazmur 95:4-5; Mazmur 104:24; Mazmur 111:3+7; Yeremia 10:6+12

2. Kejatuhan Manusia ke dalam Dosa
Kejadian 3:1-24, Kejadian 6:5-7; Kejadian 6:11-12;

3. Janji Kedatangan Juruselamat (Mesias)
Mazmur 24:7-10; Yesaya 7:14; Yesaya 9:5-6; Yesaya 11:1-2; Yesaya 32:1; Yesaya 40:3-4; Yesaya 40:9; Yesaya 42:1; Yesaya 62:10; Zefanya 3:14; Zakharia 9:9; Yeremia 23:5; Mika 5:1
Lukas 1:68-79;

4. Kelahiran Juruselamat
Lukas 2:11; Lukas 2:14; Matius 1:18-25; Matius 2:1-12; Lukas 1:26-38; Galatia 4:4;

5. Ucapan Syukur atas Keselamatan
Mazmur 103:1-2; Mazmur 104:1-4;
Matius 4:15-16; Lukas 1:46-55; Lukas 1:68-75; Lukas 2:14; Lukas 2:30-32;

Demikian contoh sederhana kumpulan ayat liturgi natal yang untuk sementara bisa Anda pakai sebagai acuan. Selamat mencoba!

Silahkan memberikan tanggapan di sini!

pargodungan.org | khotbah, renungan harian, gaya hidup kristen, spiritualitas, partitur koor, pacaran, pernikahan, karir dan pekerjaan, makalah kristen, gereja, download alkitab, software pelayanan gereja

Anda ingin membaca artikel ini? Gabung Yuk! Pastikan Anda sudah mengklik salah satu tombol di bawah!

×