Download eBook gratis di CCEL.org

Saya ingin sekali membuat ulasan beberapa e-Brary (sebutanku untuk situs perpustakaan digital) yang ada di dunia maya. J Itung-itung buat promosiin mereka. Tapi baru sekarang kesampaian. Kali ini, saya langsung menyediakan dua ulasan dari sekian banyak e-Brary favorit saya, yaitu ccel.org dan gutenberg.org.

Sesuai dengan namanya, Christian Classics Ethereal Library (CCEL) menyediakan buku-buku klasik “tempo doeloe”. Situs ini punya misi utama untuk membangun gereja melalui proyek pengadaan tulisan-tulisan klasik orang-orang Kristen dan mempromosikan penggunaannya.

Beberapa kategori buku yang mereka simpan adalah:

  1. Buku karangan para Bapa Gereja Mula-mula (dimulai sejak abad kedua);
  2. Buku-buku tafsiran, ikhotbah, ilustrasi, meditasi, dan kidung pujian;
  3. Berbagai jenis kamus dan ensiklopedia;
  4. Buku biografi, mistisisme, sejarah dan teologi.
  5. Liturgi, himne, musik gerejawi, seni, dan lain sebagainya.

Selain terjemahan bahasa Inggris, mereka juga menyediakan versi bahasa asli yang dipakai penulis, misalnya bahasa Latin atau bahasa Jerman. Untuk pilihan jenis ebooknya? Mereka juga menyediakan beragam kategori, misalnya .PDF, .PDB, .TXT. Ada juga versi yang dapat dibaca secara online. Anda pilih yang mana?

Oh iya, mereka juga sedang mengembangkan bahasa ThML. Lho apa itu? ThML adalah singkatan dari Theological Mark Language. Apa yang Anda pikirkan kalau ThML dibandingkan dengan HTML? Ya, ThML adalah bahasa yang khusus dipakai untuk mempermudah para desainer website membuat kutipan-kutipan dalam Alkitab. Ada juga sih kelebihan lainnya. Para desainer website Kristiani wajib mencobanya. Tapi saya belum mempelajarinya. Nanti kalau udah dapat informasinya, saya akan publikasikan seluas-luasnya. :p

Para pengguna eBook keluaran mereka biasanya berlatarbelakang teologi Kristen dan umum digunakan untuk kepentingan referensi karya ilmiah. Nah, bagi universitas-universitas Kristen (khususnya teologi), lebih baik segera mengadakan program kerjasama dengan mereka. Sebab terbuka kemungkinan untuk itu melalui “Subscription Program” mereka. Situs ini banyak menjadi rujukan untuk karya ilmiah teologi Kristen.

Saya terakhir mengunjungi situs ini pada pertengahan tahun 2008. Yang membuat saya terkejut, baru-baru ini pihak ccel.org telah merubah kebijakan mereka. Kalau selama ini untuk mendownloadnya saya hanya perlu membuat akun, sekarang tidak lagi. Kita harus membayar beberapa dolar, tergantung judul dan format bukunya.

Untungnya itu berlaku untuk beberapa versi saja. Untuk eBook berformat .txt, yang saya sebut sebagai “formatless”, kita tetap dapat mengunduhnya secara gratis. J Ini cukup membantu koq, sebab toh Anda mendapat ijin penuh untuk me-re-formatting-nya menurut selera sendiri. Enaknya, Anda bisa menjualnya kembali. Tapi ingat, Anda harus mendaftar sebuah akun dulu baru bisa donlot.

Saya sendiri sangat bersyukur sudah banyak mendownload buku-buku mereka sejak tahun 2004. Selama empat tahun, tepatnya sekali dalam sebulan pasti saya akan mendownload beberapa eBook dari CCEL. Kalau tidak salah sih ada 200 lebih judul yang saya download dari mereka. Jadi kalau totalnya ada 800 judul buku yang mereka simpan di server mereka, saya sudah menyimpan seperempat bagian. :p

Bai de wey, saya juga bersedia kalau ada di antara Anda yang mau bertukar ebook versi PDFnya dengan saya. Anda mau hardcopynya saja? Wah, nanti saya dituntut karena melanggar hak cipta mereka. Tapi ada solusinya. Tunggu saja postingannya.

Mau lihat daftar judul-judul ebook PDF mereka yang saya simpan? Atau mendapatkan review e-Brary lainnya? Atau ingin tips/cara mengedit eBook versi .txt keluaran ccel.org? Tunggu postingannya dari akun RSS Feed Anda sendiri. Klik di sini untuk mendaftar gratis. J


Paskah