Download Gratis Agenda HKBP Digital

September 2, 2009 by: 0


Download Gratis Agenda HKBP Digital Ebook Agenda HKBP yang akan Anda download ini adalah buah dari pengalaman saya ketika pertama kali melayani di HKBP Bukit Selamat I, Resort Besitang, Distrik 23 Langkat. Sebagai seorang calon pendeta yang baru pertama kali memimpin jemaat, urusan “maragenda” dalam ibadah minggu kadang jadi hal yang menyulitkan bagi saya. Mengapa? Itu karena secara sepihak saya mengingat bahwa kedudukan paragenda dalam ibadah sangat penting (dalam hubungannya dengan jemaat). Tugas paragenda sebagai perantara antara Allah dengan manusia tentu sekali memaksa agar jangan sampai terjadi kesalahan.

Kesalahan yang umum dilakukan saat menggunakan Agenda HKBP di gereja adalah:

  1. Kesalahan baca yang disebabkan karena ukuran “font” yang kecil. Tentu saja ini dapat diminimalisir kalau ukurannya dapat disesuaikan dengan kemampuan penglihatan kita.
  2. Salah membuka halaman atau kelamaan membuka halaman. Meskipun jarang terjadi, paragenda bisa membuat jemaat ‘blingsatan’ karena melakukan kesalahan seperti itu. Oleh sebab itu, lebih baik menyalin seluruh tata ibadah dalam Agenda ke dalam lembaran tunggal, sehingga tidak perlu membolak-balik halaman.
  3. Kesalahan berikutnya adalah kesalahan menempatkan sudut pandang pembacaan. Mungkin karena penataan (desain/layout) yang terbatas, pembacanya kurang terbantu membedakan mana doa kepada Tuhan atau seruan kepada jemaat. Tentu saja kita harus membedakan cara membaca keduanya agar kelihatan peralihan-peralihan setiap bagian ibadah yang indah itu. Masalah ini dapat diminimalisir dengan memberikan sedikit pembedaan-pembedaan layout antara doa yang diucapkan sendiri, doa yang diucapkan bersama, ajakan atau seruan kepada jemaat.

Solusi!

Untuk menghindari kesalahan seperti itu, saya akhirnya berinisiatif untuk membuat Ebook. Dengannya saya berharap dapat mempermudah penyalinan paragenda, sehingga tidak harus membolak-balik halaman demi halaman atau bahkan mengetik ulang seluruh tata ibadah itu. Melaluinya saya membedakan susunan antara doa yang dipimpin sendiri, doa bersama jemaat, ucapan langsung kepada jemaat (seruan/ajakan) dan peletakan keterangan tambahannya.

Setelah mengetikkan 5 halaman pertama dari Agenda HKBP, iseng-iseng saya membuka situs resmi gereja kita. Rupanya, mereka sudah menyiapkan bahan “mentah” dalam format html. Ini membuat pekerjaan mendigitalisasi jadi jauh lebih cepat dari yang saya bayangkan. Dan sebagai akibatnya ini bukanlah pekerjaan yang menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran.

Seharusnya bulan Juli 2009 ebook Agenda HKBP ini sudah selesai saya kerjakan. Namun karena saya di pindah tugaskan sebagai staf Kantor Distrik 23 Langkat dan sempat terserang thypus, rencana itu jadi molor. Dan apa boleh buat, Anda baru bisa memakainya sekarang. Silahkan download dari server ziddu melalui tombol di bawah:

Download Versi 1.0.

Download Versi 1.1.

Share this Story

Pdt. Reinhard PP Lumbantobing, S.Th adalah pendeta Gereja HKBP Cilincing Ressort Jatiwaringin. Menikah dengan Ibu Pdt. Melati Butarbutar dan telah dikaruniai dengan seorang putri. Anak dari Pdt. Robert Lumbantobing, SMTh ibu boru Munthe yang sekarang melayani di HKBP Petojo Ressort Petojo Jakarta Barat. Pendeta Reinhard adalah founder dari pargodungan.org.

Add a Comment on "Download Gratis Agenda HKBP Digital"

Follow us

Christian Quotes

Beware in your prayers, above everything else, of limiting God, not only by unbelief, but by fancying that you know what He can do. – Andrew Murray

Humor Kristen

Seorang desainer terkemuka ingin membuat rancangan pakaian yang cocok dikenakan ke gereja. Selama ini, ia hanya merancang pakaian pesta. Ia lalu menemui pendeta untuk meminta masukan. "Menurut Bapak, model pakaian yang cocok untuk dikenakan ke gereja tuh yang seperti apa?" tanyanya. "Semua pakaian cocok, yang penting bersih dan rapi," jawab pendeta. Sang desainer tidak puas. "Maksud saya, jenis potongan bagaimana yang cocok menurut Bapak?" tanyanya lagi. Pendeta menjawab, "Semua potongan cocok. Asalkan arahnya tepat." Si desainer bingung, "Maksud Bapak?" Sang Pendeta menjelaskan, "Hindarilah potongan yang salah arah. Misalnya, potongan bagian atas, jangan dipotong semakin ke bawah. Sebaliknya, potongan bagian bawah, jangan dipotong semakin ke atas." | Klik LIKE jika Anda suka!