Download gratis font not angka

Parnumation atau pargodungan numbered notation adalah sebuah font yang dibuat dengan menggunakan aplikasi yang bernama High-Logic FontCreator. Pembuatan font ini sebenarnya terinspirasi dari sebuah font untuk musik Jawa yang bernama KepatihanPro, jadi tidak heran urutan-urutan font Parnumation memiliki kemiripan dengan urutan KepatihanPro.

Sebenarnya saya sudah mencari-cari font not angka yang paling lengkap dan memenuhi kebutuhan saya secara pribadi, akan tetapi ternyata belum ada font yang benar-benar lengkap, karena itulah saya memutuskan untuk membuat font yang baru.

Adapun Parnumation ini saya bagikan secara gratis, karena memang sebenarnya membuat font ini tidak terlalu sulit, dan juga saya pikir, “mana ada orang yang mau buang-buang uang hanya untuk mendapatkan font yang alakadarnya ini.”

 

Parnumation dibagi ke dalam dua versi utama, yakni versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Akan tetapi yang akan kami bagikan di sini adalah Parnumation versi bahasa Indonesia, versi bahasa Inggris kami bagikan di sini. Versi bahasa Indonesia dibagi lagi ke dalam Parnumation Word 2007 dan Parnumation biasa. Anda yang tidak menggunakan Microsoft Word 2007 sebaiknya menggunakan Parnumation biasa.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q         : Bagaimana cara install font Parnumation?

A         : Anda pengguna Windows XP? Silahkan buka C:\WINDOWS\Fonts di Windows Explorer, kemudian klik File– Install new font. Kemudian tentukan lokasi di mana anda meletakkan font Parnumation. Untuk pengguna Windows 7 anda cukup membuka file font lalu klik Install.

Q         : Setelah di-install, apa yang seharusnya saya lakukan?

A         : Buka aplikasi word processor anda, misalnya Microsoft Word, kemudian pilih font yang anda akan gunakan untuk menulis, biasanya ada menu drop down untuk memilih font.

Q         : Kenapa saya tidak bisa menulis lirik lagunya dengan menggunakan Parnumation?

A         : Parnumation adalah font not angka, jadi untuk memasukkan lirik lagu silahkan menggunakan font biasa seperti Times New Roman atau Calibri.

Q         : Apakah ketika file di save kemudian dibuka di komputer lain, tampilan font akan tetap sama?

A         : Tidak. Kecuali di komputer tersebut juga sudah terinstall Parnumation. Saya menyarankan file anda disave dalam format PDF agar bisa dibuka di tempat lain.

Selengkapnya, baca file pdf yang telah kami sediakan.

Perhatian!: jika beberapa lambang tidak muncul, tingkatkan persentase zoomnya menjadi 125% atau lebih.

Apa yang baru di Parnumation 2.0?

1. Spasi lebih pendek!
Anda ingin menghemat kertas? Dengan Parnumation 2.0 ini anda dapat menghemat kertas lebih banyak, dan anda juga dapat menulis lebih banyak partitur lagu di dalam satu kertas.

2. Selamat tinggal pada karakter yang kurang perlu!
Karakter-karakter bar pemisah yang terlalu besar dihilangkan pada Parnumation 2.0.

3. Selamat datang karakter baru!
Di Parnumation 2.0 anda akan menemukan karakter baru! Silahkan download dan anda akan merasakan perbedaannya!

4. Kompatibel dengan template!
Anda tidak perlu khawatir bila anda suka dengan penampilan template kami. Segala fitur template dari Parnumation dapat digunakan di Parnumation 2.0.

5. Tidak menghilangkan Parnumation 1.0!
Parnumation 1.0 yang sebelumnya sudah terinstall tidak akan terhapus bila anda menggunakan Parnumation 2.0! Anda bahkan dapat menggunakan kedua font ini secara bersamaan!


Link download

Font File font Parnumation 1.0 23 KB
download
Font File font Parnumation 2.0 23 KB download
2007 Template untuk microsoft office 2007 37 KB
download
2003 Template untuk microsoft office 59 KB download
Buku Buku petunjuk penggunaan Parnumation 404 KB download
Buku Buku petunjuk penggunaan parnumation 2.0 543 KB download

 


Paskah