Efesus 4:1 – Hidup dalam Panggilan

June 3, 2011 by: 0

Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu.

Semua orang Kristen tentu punya panggilan hidup. Apa  panggilan hidup Anda? Apakah Anda benar-benar hidup dengan panggilan itu?

Tentang panggilan hidup Kristen, Paulus memberikan sebuah nasihat yang sangat berharga bagi Anda dan saya. “Aku menasihatkan kamu… Hendaklah hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu”, kata Paulus.

Apakah artinya ini bagi Anda? Bagaimana cara agar kita dapat hidup sesuai dengan panggilan Kristen kita?

Pertama, Anda perlu mempelajarinya dari orang lain yang lebih berpengalaman dari Anda. Semua orang memerlukan contoh dan teladan dari orang lain. Tentu, Anda dapat belajar menghidupi panggilan Anda lebih baik dari contoh yang orang tunjukkan pada Anda. Bukankah Paulus jadi contoh bagi kita dengan kerelaannya untuk dipenjarakan demi menghidupi panggilannya? Bukankah Tuhan Yesus menjadi teladan bagi kehidupan Anda?

Kedua, untuk dapat hidup sesuai panggilan… Anda mesti menghayati panggilan itu. Tidak ada yang dapat hidup dalam apa yang tidak dimengerti dan dihayatinya. Keindahan nyanyian seorang penyanyi semakin terasa jika ia menghayati lagunya. Peran seorang aktor dalam film akan semakin memukau jika ia menghayati perannya. Demikian juga dengan Anda. Anda akan benar-benar jadi Manusia yang Hidup, jika Anda menghayati panggilan hidup Anda itu.

Akhirnya, hendaklah hidup Anda sesuai dengan panggilan Anda.

Doa: Allah Bapa, tuntunlah aku hidup dalam panggilanMu. Hari ini, apa pun yang kulakukan, biarlah itu berpadanan dengan panggilanMu kepadaku. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Share this Story
Categories
Tags

Pdt. Reinhard PP Lumbantobing, S.Th adalah pendeta Gereja HKBP Cilincing Ressort Jatiwaringin. Menikah dengan Ibu Pdt. Melati Butarbutar dan telah dikaruniai dengan seorang putri. Anak dari Pdt. Robert Lumbantobing, SMTh ibu boru Munthe yang sekarang melayani di HKBP Petojo Ressort Petojo Jakarta Barat. Pendeta Reinhard adalah founder dari pargodungan.org.

Add a Comment on "Efesus 4:1 – Hidup dalam Panggilan"

Follow us

Humor Kristen

Dalam sebuah kebaktian kebangunan rohani di gereja, seorang pendeta berkhotbah dengan penuh semangat, "Bila gereja kita mau menjadi lebih baik, ia harus bangun dari tidurnya dan berjalan." Jemaat menjawab, "Amin. Harus bangun dan berjalan!" Pendeta itu melanjutkan. "Bila gereja kita mau menjadi lebih baik, ia harus menyingkirkan penghalang-penghalangnya dan berlari!" Jemaat menjawab, "Amin. Harus berlari!" Pendeta melanjutkan kembali, "Bila gereja kita mau lebih baik, ia harus memasang sayapnya dan terbang!" Jemaat menjawab, "Amin. Harus terbang!" Suara pendeta makin menggelegar, "Bila gereja kita mau terbang tinggi, itu memerlukan biaya!" Jemaat menjawab, "Amin. Tidak usah terbang." | Klik LIKE jika Anda suka!