Filipi 4:19 – Menopang Pekerjaan Allah

June 20, 2011 by: 0

Allahku akan memenuhi segala keperluanmu
menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus.

Perkataan Paulus yang jadi dasar renungan harian ini adalah peneguhan bagi jemaat di Filipi. Jemaat ini sungguh sering membantu pekerjaan pelayanan Paulus. Mereka tidak sungkan memberi apa pun yang Paulus butuhkan untuk membantunya mengabarkan Injil. Namun, Paulus berharap agar jemaat Filipi tidak menganggap usaha mereka itu sia-sia dan tidak memberi kebaikan bagi mereka sendiri.

Pekerjaan pekabaran Injil dan semua pelayanan di gereja membutuhkan uluran tangan dari segenap orang Kristen, termasuk Anda dan saya. Doa-doa, perhatian, tenaga, daya, dan dana yang sanggup kita berikan, sangat berharga untuk menopang pekerjaan Allah di dunia ini.

Dukungan Anda untuk menyukseskan pelaksanaan pelayanan gereja, merupakan salah satu tanda pertumbuhan rohani Anda. Sebab jika Anda sadar bahwa Anda adalah orang Kristen, tentu saja hati Anda akan tergerak untuk membantu sesuai dengan kesanggupan Anda, bukan?

Soalnya adalah, saat memberi bantuan untuk menopang pelayanan, kadang ada suara-suara yang berusaha membatasi kita. Misalnya saja, mungkin ada yang berpikir, “Biarlah orang-orang kaya saja yang banyak memberi bantuan. Saya masih bisa menggunakan itu untuk mempertahankan hidup saya.” Atau, bisa juga ada yang mengatakan, “Biar saja Pendeta yang melayani kunjungan ke tempat itu. Bukankah mereka sudah ‘dibayar’ untuk mengerjakannya?”

Barangkali Anda sendiri dapat menilai. Tidak mungkin Roh Kudus yang menyuruh seseorang mengatakan hal seperti itu. Sebab, Roh Kudus sendiri ingin menggerakkan Anda atau saya untuk turut berbuah melalui pekerjaan pelayanan di Gereja, bukan? Jika bukan Roh Kudus, lalu siapa? Anda tahu jawabnya.

Nah, Paulus mengatakan bahwa Allah akan mencukupkan Anda dan saya, jika kita rela memberikan bantuan pelayanan. Mengingat ini, saya akhirnya selalu mengatakan pada diri sendiri (sekalipun sedang mengalami krisis):

“Pikirkanlah dan kerjakanlah pelayanan yang perlu bagiNya. Dan biarlah Ia yang memikirkan dan mengerjakan apa yang perlu bagi dirimu.”

Nah, apakah Anda memiliki pendapat yang sama dengan saya?

Doa: Allah Bapa, ijinkan aku untuk mencurahkan segala sumber daya yang Kau berikan padaku untuk menopang pekerjaan pelayanan Gereja. Jangan kebutuhanku membutakan aku sehingga aku menganggap Engkau tidak bekerja untuk menolongku. Tapi ajarlah aku, agar saat aku mengingat kebutuhanku, aku mengingat Engkau yang mencukupi segala kebutuhanku, sehingga aku dapat dengan senang hati mengulurkan tangan pada para pelayanMu. Di dalam Yesus Kristus, aku berdoa. Amin.

Share this Story
Categories
Tags

Pdt. Reinhard PP Lumbantobing, S.Th adalah pendeta Gereja HKBP Cilincing Ressort Jatiwaringin. Menikah dengan Ibu Pdt. Melati Butarbutar dan telah dikaruniai dengan seorang putri. Anak dari Pdt. Robert Lumbantobing, SMTh ibu boru Munthe yang sekarang melayani di HKBP Petojo Ressort Petojo Jakarta Barat. Pendeta Reinhard adalah founder dari pargodungan.org.

Add a Comment on "Filipi 4:19 – Menopang Pekerjaan Allah"

Follow us

Christian Quotes

The LORD your God is in your midst, a mighty one who will save; he will rejoice over you with gladness; he will quiet you by his love; he will exult over you with loud singing. – Zephaniah 3:17

Humor Kristen

Pada suatu hari, seorang Pendeta mengunjungi seorang bapak tua yang tinggal di suatu tempat yang agak terpencil. Setelah berbincang- bincang sejenak, kemudian Pendeta tersebut bertanya, "Pak, saya mau pamit pulang, mungkin ada sesuatu yang perlu didoakan?" "Tolong didoakan semoga saya tidak ada masalah dengan tetangga belakang". "Baik, mari kita berdoa, Tuhan tolong Bapak ini, beri dia hikmat supaya bisa bersosialisasi dengan baik dengan tetangga di belakang sana. Amin!" Setelah itu Pendeta pamitan pulang. Begitu sampai di halaman luar Bapak itu berkata sambil menunjuk ke belakang, "Pak Pendeta, dibelakang saya tidak ada rumah, yang ada hanya kuburan!" | Klik LIKE jika Anda suka!