Jelang Jubileum 150 Tahun HKBP, Ephorus HKBP bertemu Presiden SBY

December 1, 2011 by: 0

Bagaimana persiapan pesta akbar Jubileum 150 Tahun di Gelora Bung Karno Senayan? Ternyata baru Rabu kemarin (30/11) terdengar berita bahwa rombongan Ephorus HKBP melakukan audensi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pukul 15.00 WIB, bersama dengan Panitia Nasional Jubileum 150 Tahun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Kantor Presiden. Pertemuan ini digelar untuk mendengarkan persiapan acara peringatan 150 tahun HKBP yang akan dilaksanakan hari Minggu di Senayan pukul 16.00 tanggal 4 Desember lusa.

“Pertama-tama, HKBP mengucapkan selamat atas perkawinan mas Ibas. Kedua, kami mengucapkan terima kasih karena bapak telah mau menerima audiensi kami dalam rangka 150 tahun HKBP,” kata Ephorus HKBP Pdt. Dr. Bonar Napitupulu kepad apresiden. Selain Ephorus, turut diterima diantaranya Sekjen HKBP Pdt. Ramlan Hutahean, M.Th, Praeses HKBP Pdt. Esron M Tampubolon, dan Ketua Umum Panitia Jubileum 150 Tahun HKBP Edwin P Situmorang. Rombongan Ephorus HKBP juga didampingi oleh Ketua Bidang Perayaan Otto Hasibuan, dan Wakil Ketua Dewan Pengarah Romulo Simbolon. Sementara itu, Presiden didampingi Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Agama Suryadharma Ali, Seskab Dipo Alam, Jubir Presiden Julian Aldrin Pasha, Daniel Sparingga dan Sardan Marbun.

Ephorus HKBP Napitupulu dalam keterangan persnya usai diterima Kepala Negara, Rabu sore, mengatakan bahwa Presiden menyampaikan penghargaaannya atas program HKBP selama ini. Presiden SBY berjanji akan hadir dan memberikan bimbingan, petuah, dan saran di hadapan jemaat HKBP supaya HKBP makin berkembang dalam keikutsertaan membangun bangsa dan negara,” kata Pimpinan Tertinggi (Ephorus) HKBP Bonar Napitupulu dalam pertemuan tersebut. Di samping itu Ephorus mengatakan bahwa kedatangan rombongan adalah juga untuk menjelaskan kepada Presiden mengenai sejarah, kondisi, dan apa yang dilakukan HKBP yang sejak dulu sampai sekarangselama 150 tahun ini. Keterangan ini diperlukan supaya Presiden benar-benar memahami apa maksud dari perayaan Jubileum ini.

“Tadi saat pertemuan dengan Presiden dijelaskan program yang dilaksanakan dalam rangka peringatan jubelium ketiga (150 tahun) berdirinya HKBP sehingga Presiden memahami apa yang dilakukan,” kata Ephorus Napitupulu. Beliau juga menambahkan, “Kepada Presiden tadi dilaporkan program kepanitiaan terkait kemajemukan bangsa. Itu terlihat dari satu topik seminar yang dilakukan sekaligus dari penelitian peran HKBP dalam membangun Indonesia yang pluralistik.” Ephorus mengatakan jemaat HKBP menyadari merupakan bagian integral dari Indonesia sehingga membuka kerja sama dan hubungan baik dengan berbagai komponen bangsa dari berbagai latar belakang budaya dan agama. “Dalam perayaan, kami tidak berjalan sendiri, jemaat HKBP mendapat dukungan saudara kami,” pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia peringatan Jubelium HKBP, Edwin Situmorang mengatakan Presiden diharapkan bisa hadir dalam peringatan yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno pada Minggu (4/12) mendatang. “Acara tersebut akan dihadiri oleh 100.000 jemaat HKBP dari seluruh daerah dan Bapak Presiden diminta untuk memberikan sambutan pada jemaat HKBP,” kata Edwin Situmorang. Perayaan juga telah dilakukan di Tarutung, Medan, Pekanbaru, Surabaya dan Balikpapan selama Oktober 2011. Dan bukan hanya pesta-pesta perayaan yang dilakukan, tetapi ada juga program lainnya yaitu program kemanusiaan dan penghijauan. Perayaan ini juga mendapat dukungan dari saudara-saudara kami yang bukan beragama Kristen,” Edwin menjelaskan. Terkait hal ini, Edwin mencontohkan bahwa ada juga program pengobatan gratis yang dilaksanakan di Sumatera Utara di mana terdapat sekitar 1000 dokter yang bukan beragama Kristen ikut serta mendukung terlaksananya program tersebut.

Well, bagaimana? Apa Anda hadir di Gelora Bung Karno untuk berjubileum? Mudah-mudahan kita bertemu di sana. Salam. :)

Share this Story
Categories
Tags
Team Pargodungan.org

Team Pargodungan.org | Pargodungan (bhs Batak) berarti Kompleks Gereja. Situs yang ditenagai oleh banyak sukarelawan ini (termasuk Anda) ditujukan untuk mendukung/mendampingi pembacanya untuk bertumbuh, bersaksi dan melayani di gereja atau di dalam kehidupan sehari-hari. Situs ini ditujukan untuk menjadi “situs informasi referensi pelayanan dan kehidupan Kristen”. Kalau Anda berminat bergabung dan menyumbangkan artikel yang membangun, silahkan lewat halaman KONTAK di pojok kanan atas. :)

Add a Comment on "Jelang Jubileum 150 Tahun HKBP, Ephorus HKBP bertemu Presiden SBY"