Gaya Hidup

Inspirasi, Gaya Hidup, Hubungan, Pekerjaan, Sikap Hidup, Prinsip Hidup, Motivasi Kristen, Parenting, Pacaran, Buku Rohani

Tahukah Anda?

Rugi kalau tidak baca! Tahukah Anda berisi fakta-fakta unik, lucu, aneh yang berkaitan dengan gereja, Alkitab dan kehidupan Kristen.

Tips & Trik

Panduan dan kiat-kita praktis untuk melakukan apa pun yang berguna untuk mendukung kehidupan Anda.

Makalah

Studi tentang gereja, pelayanan, sejarah, dsb. Bagi kamu yang ingin sedikit “mengernyitkan dahi” saat membacanya.

Resources

Kumpulan Software, Aplikasi Pelayananan Kristen, Alkitab Download, Lagu Rohani, Multimedia, Ebook, Dokumen, dan Materi pelayanan di gereja.

Khotbah 2 Korintus 4:16-18 | Bagaimana Memperbarui Gairah dan Semangat Anda

| 6 Juni 20124 pembaca

Pernahkah Anda kehilangan gairah untuk menyelesaikan pekerjaan Anda? Semangat yang menggebu-gebu mendadak hilang karena banyaknya masalah yang silih berganti, pernahkah Anda mengalaminya? Merasa takut pada kemungkinan yang akan terjadi, misalnya jika Anda bertemu seseorang? Merasa tidak dapat berbuat apa-apa lagi dan menjadi putus asa karena masalah besar yang Anda hadapi, pernahkah Anda mengalaminya? Barangkali Anda pernah. Saya pernah. Dan Paulus juga pernah.

Mungkin Anda punya pengalaman lain yang membuat Anda seakan menyerah dan takut. Apa itu?

* * *
Rasa takut, kehilangan semangat, kurang bergairah, tawar hati, adalah pengalaman yang biasa kita alami dalam hidup ini. Terutama dalam rangka untuk menyelesaikan tugas yang Allah suruhkan bagi kita, tantangan seperti itu bisa menjadi 100 kali lipat banyaknya! Anda takut? Takut pada tantangan bukan sifat orang Kristen. Kita tidak boleh kalah atas rasa takut yang menghantui dan membuat vitalitas kita berkurang. Lagipula rasa takut dan tawar hati yang Anda alami justru hanya akan membuat Anda dan saya semakin lemah (Amsal 24:10).

Dalam kondisi yang penuh tekanan Anda membutuhkan obat yang menguatkan hati – yang dengannya Anda akan bangkit dan menyelesaikan segala sesuatu yang sudah Anda mulai.

Bagaimanakah cara memulihkan keberanian Anda untuk menembus tantangan yang sedang Anda hadapi?

* * *

Firman Allah dalam 2 Korintus 4:16-18 menunjukkannya bagi Anda dan saya.

Pertama, batin Anda memerlukan pembaharuan setiap hari.

Sebagaimana layaknya tubuh memerlukan makanan untuk memperbarui energi dalam tubuh, Anda juga membutuhkan makanan rohani untuk mengganti rasa takut dan tawar hati yang menguasai Anda. Anda tidak dapat melakukan sesuatu sepanjang hari tanpa pernah beristirahat. Demikian juga, Anda tidak dapat bergelut dengan masalah Anda setiap saat tanpa pernah mendapatkan terobosan baru untuk mengatasinya. Anda membutuhkan Allah dalam masalah Anda, jangan katakan tidak! Tetap cari kehendak Allah melalui firmanNya untuk memperbarui batin Anda setiap hari dan setiap saat.

Kedua, asahlah gergaji Anda.

Paulus sadar bahwa penderitaan yang dialaminya sebagai penderitaan ringan. Bagaimana mungkin Paulus dapat menyebut penderitaannya sebagai penderitaan ringan? Ia punya daftar panjang penderitaan selama pelayanannya. Baca saja 2 Korintus 11:23-29 daftarnya ada di situ. Tapi, mengapa ia menganggapnya ringan? Itu karena ia sudah terbiasa mengalami penderitaan. Penderitaan bukan seauatu yang luar biasa bagi Paulus. Ia maklum dan menerimanya dengan lapang dada. Itu yang membuatnya dapat bergerak dan berada di atas masalahnya, bukan sebaliknya, terhimpit olehnya. Anda dan saya perlu melihat masalah dan penderitaan seperti cara Paulus melihatnya: Menjadikan penderitaan untuk mengasah keteguhan imannya pada Allah.

Ketiga, tetaplah berorientasi pada tujuan akhir yang Allah harapkan dari Anda.

Sekalipun Anda dan saya merasa lemah di hadapan Allah, tetapi justru di situlah Allah akan menunjukkan kuasaNya dalam kehidupan kita (2 Korintus 12:9). Oleh karena itu, beranikan diri Anda dengan tetap mengingat bahwa Anda sedang memperjuangkan sesuatu. Anda punya tujuan akhir di balik proses panjang yang harus Anda hadapi. Lagipula Allah punya janji yang sangat berharga bagi Anda dan saya, “Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.” (Yosua 1:9b). Jika Anda berjalan untuk tujuan yang Allah kehendaki, Allah akan menuntun Anda mencapainya.

Kiranya Roh Kudus menguatkan hati Anda dan saya. Amin. :)

Silahkan memberikan tanggapan di sini!

pargodungan.org | khotbah, renungan harian, gaya hidup kristen, spiritualitas, partitur koor, pacaran, pernikahan, karir dan pekerjaan, makalah kristen, gereja, download alkitab, software pelayanan gereja

Anda ingin membaca artikel ini? Gabung Yuk! Pastikan Anda sudah mengklik salah satu tombol di bawah!

×