Khotbah 2 Raja-raja 4:42-44 | Allah Menyediakan Kebutuhan Kita

July 24, 2012 by:

Mungkin Anda tahu George Müller. Ia adalah seorang penginjil Kristen dan menjadi pemimpin atas panti asuhan yang didirikannya di Inggris. Sesuatu yang menarik dari orang ini adalah: ia tidak pernah meminta bantuan kepada siapa pun untuk membiayai panti asuhan yang didirikannya itu. Müller selalu berserah dan memanjatkan doaRenungan Efesus 3: 20-21 | Benarkah Tuhan itu sejauh Doa dan Pikiran Manusia?. Read more ... » pada Allah saja.

Khotbah Minggu VIII Setelah Trinitatis: Allah Menyediakan Kebutuhan - 2 Raja-raja 4:42-44

Alkisah, pada suatu pagi anak-anak panti asuhan sudah berpakaian rapi dan bersiap hendak ke sekolah. Tapi celakanya, ibu asrama mengatakan tidak ada makanan bagi anak-anak itu. George pun menyuruh 300 anak ke ruang makan. Ia pun berdoa dan mengucap syukur pada Allah kemudian menunggu. George tahu Tuhan akan menyediakan makanan untuk anak-anak seperti yang selalu dilakukannya. Dalam beberapa menit, seorang tukang roti mengetuk pintu…

“Tuan Müller,” katanya, “tadi malam aku tidak bisa tidur. Entah bagaimana aku tahu bahwa Anda akan membutuhkan roti pagi ini. Aku pun bangun dan memanggang tiga takaran besar untuk Anda. Aku akan membawanya masuk.”

Segera, terdengar juga ketukan di pintu. Yang mengetuk adalah tukang susu. Ternyata gerobak yang membawa susunya telah pecah di depan panti asuhan. Susu tersebut pasti akan rusak ketika gerobak itu selesai diperbaiki. Maka tukang susu pun mengatakan pada George bahwa ia bisa menggunakan beberapa susu gratis. George pun tersenyum ketika pengantar susu tersebut memberikan sepuluh kaleng besar susu yang hanya cukup untuk 300 anak. Itulah jumlah yang mereka perlukan.

Müller menyimpan catatan doa-doanya, dan catatan doanya diisi lebih dari 3.000 halaman. Catatan itu menunjukkan bahwa ada lebih dari 30.000 doa dijawab.

Demikian, Anda dan saya bisa saja merasa khawatir akan kelangsungan pelayanan kita pada orang banyak. Akan ada yang bertanya, bagaimana mungkin dana sesedikit ini cukup untuk pelayanan? Tidak jarang pula terdengar orang bertanya, “Darmana kita dapat uang untuk menjalanankan program pelayanan ini nantinya?”

Akan tetapi, seperti yang Allah lakukan pada Elisa, Allah juga akan menyediakan apa yang kurang dalam kehidupan kita. Yesus Kristus sendiri mengatakan, “Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya” (Matius 6:8). Demikianlah, bahwa ketika kita mengalami pergumulan, maka terlebih dulu kita di ajak untuk lebih dulu berserah kepada Allah. Setelah itu, biarkan Allah menuntun kita dengan caranya. Pasti sekali bahwa Ia akan menjawab doa orang percaya, dan kita akan puas dengan jawaban yang diberikannya. Amin.

Pdt. Reinhard PP Lumbantobing, S.Th adalah pendeta Gereja HKBP Cilincing Ressort Jatiwaringin. Menikah dengan Ibu Pdt. Melati Butarbutar dan telah dikaruniai dengan seorang putri. Anak dari Pdt. Robert Lumbantobing, SMTh ibu boru Munthe yang sekarang melayani di HKBP Petojo Ressort Petojo Jakarta Barat. Pendeta Reinhard adalah founder dari pargodungan.org.