Khotbah Mazmur 34: 15-22 | Tuhanlah Sumber Perlindungan

August 24, 2012 by: 0

Dalam setiap kesempatan, kita sering berkata, “Tuhanlah perlindunganku”. Kalimat ini di satu sisi mau menunjukkan keyakinan dari dalam diri seseorang bahwa Tuhanlah sumber perlindungannya. Dari sisi yang berbeda, kita juga dapat melihat kalimat ini sebagai permohonan, agar Tuhan senantiasa melindungi kita dalam berbagai persoalan dan pergumulan yang mungkin kita hadapi dalam kehidupan ini.

Demikian hal dengan dengan penulis Mazmur 34 ini. Dia ingin menggambarkan bagaimana Tuhan melindungi dirinya dari berbagai bahaya dan ancaman dalam hidupnya. Imannya ingin bersaksi, Tuhanlah sumber perlindungannya! Dalam berbagai tantangan dan ancaman, pemazmur juga berseru, agar Tuhan melindunginya senantiasa. Dan ketika Allah menunjukkan kuasa perlindunganNya bagi orang percaya yang berseru kepadaNya, apa yang mau menjadi respon kita? Pemazmur berseru, “jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya!” (ayat 15). Hidup dalam kebenaran dan kedamaian yang berasal dari Tuhan! Itulah yang harus menjadi jawaban setiap orang percaya atas anugerah perlindungan dari Allah. Mengapa itu harus dilakukan? Sebab sesungguhnya Allah tidak akan pernah meninggalkan kita, entah dalam situasi yang bagaimanapun dalam hidup kita, Tuhan selalu hadir! Dalam susah, Tuhan menopang kita, dalam kesesakan Tuhan melegakan kita, dalam teriak minta tolong, Tuhan menjawab kita, dalam sukacita, Tuhan mengingatkan kita untuk bersyukur, dalam segala hal, Tuhan hadir!

Dalam kehidupan dewasa ini, kita punya banyak musuh! Kita bermusuh dengan kekecewaan, kita bermusuh dengan kesedihan, kita bermusuh dengan kesusahan, kita bermusuh dengan keputusasaan dan masih banyak lagi. oleh sebab itu, siapa yang mampu mengalahkan semua musuh kita itu? Hanya dalam naungan kekuatan yang berasal dari Tuhanlah kita mampu mengalahkannya! Itulah dasar mengapa kita harus hidup dalam kebenaran yang telah Allah nyatakan di dalam Yesus Kristus Tuhan kita. Dialah senjata pemberian Allah bagi kita orang percaya. Oleh karena itu Paulus juga mengatakan, kenakanlah perlengkapan senjata Allah (Efesus 6: 10-20) dan semua itu hanya kita peroleh dalam iman kita kepada Kristus Sang Juru Selamat kita. Yakinkan dirimu, bahwa Tuhan ada bersamamu dalam setiap langkah dalam kehidupanmu! Yakinkan imanmu, bahwa Kristus berkuasa menopangmu! Selamat menerima perlindungan Tuhan dalam hidup kita. Amin.

Pdt. Halomoan Erikson Hutagaol

Pdt. Halomoan Erikson Hutagaol, S.Th adalah pendeta Gereja HKBP yang sekarang tinggal di Babelan, Bekasi, saat ini melayani sebagai Pimpinan Jemaat di Gereja HKBP Babelan Kota Ressort Duta Permai. Suami dari Rumondang Br. Sihotang dan ayah dari Maginni-EL Hamonangan Hutagaol ini memiliki Peran di situs ini sebagai penulis tetap. Tulisannya yang Anda baca kebanyakan adalah Khotbah Minggu, Renungan Harian, dan sejumlah artikel lain. Anda dapat menghubungi beliau di No. HP: +6281376444663