Utama » Gaya Hidup

Tips dan Ide Kreatif Dekorasi Natal di Rumah Anda

| 11 November 20115 pembaca

Saat menyambut natal, tentu sudah jadi budaya untuk menghias dan mendekorasi rumah dengan nuansa natal. Akan tetapi karena keterbatasan ide kreatif, kadang kala dekorasi natal yang itu-itu saja membuat natal jadi terasa kurang semarak.

Dekorasi natal yang menarik dan ‘gemerlapan’ tidak selalu berbiaya mahal. Kita hanya perlu tahu tips yang kita perlukan untuk mendekorasi interior rumah untuk natal. Di sini kita akan berbagi tips yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber. Kalau Anda punya tips sendiri, jangan ragu untuk berbagi.

1. Tentukan Tema Dekorasi/Hiasan Natal Anda

Tentukan tema dekorasi yang Anda inginkan. Tentu saja, tema utamanya adalah natal. Tapi agar tidak terkesan monoton Anda bisa memilih sub tema lainnya. Jika Anda berkunjung ke mall-mall, perhatikan ternyata masing-masing punya tema natal yang berbeda satu sama lain. Itu sebabnya kita suka betah melihat dekorasi natal mereka yang kreatif.

Sub tema dekorasi natal yang bisa Anda pilih misalnya: Maria dan Yusuf di kandang domba, perjalanan orang majus, gembala bersama malaikat, pohon natal (biasa) dan lain-lain. Selain fokus pada tema tersebut, ada juga pilihan tema berdasarkan warna ruangan dan suasana yang ingin ditampilkan. Semuanya terserah Anda. Dengan memilih salah satu tema untuk dekorasi rumah maka natal di rumah Anda akan membuat tamu betah berkunjung.

2. Tegaskan Kemeriahan Natal dengan Cahaya Lampu Ruangan

Maksudnya, Anda dapat menggunakan warna cahaya lampu di ruangan Anda. Pilihan warna cahaya bisa bervariasi tergantung selera Anda. Anda bisa memilih warna putih untuk menciptakan kesan bersih, oranye untuk kesan hangat, ungu muda untuk kesan elegan dan agung, atau hijau dan merah untuk nuansa natal eropa. Kalau Anda ingin lebih berkreasi, gunakan spot light (lampu sorot) yang tidak terlalu mencolok untuk menyoroti fokus dekorasi natal Anda (misalnya pohon Natal).

3. Gunakan Diorama Mainan Anak-anak, atau Kartu Natal untuk Dekorasi Natal Anda.

Ciptakanlah diorama dari boneka-boneka atau tokoh kartun yang mengenakan baju-baju bertemakan Natal. Hebatnya, Anda dapat melibatkan anak-anak Anda untuk bersama-sama membuat dekorasinya. Hasil pekerjaan Anda dengan anak-anak bisa ditempatkan di kamar mereka masing-masing.

Sering sekali orang menempatkan kartu natalnya di area pohon natal. Tapi Anda juga dapat menempatkan kartu-kartu natal yang dikirimkan pada Anda di sebuah pigura khusus untuk ditempelkan di dinding rumah Anda. Letakkan di ruang makan atau di ruangan lainnya yang Anda sukai.

4. Hiaslah Kamar Mandi atau Dapur dengan Dekorasi Natal yang Simpel

Berikutnya, hiaslah kamar mandi dengan menaruh ornamen-
ornamen Natal yang tidak mudah
pecah di dekat bathup atau wastafel Anda.

Area dapur atau ruang makan dapat juga diberi sentuhan suasana natal dengan menggunakan peralatan makan khas natal. Saat makan bersama keluarga di malam natal gunakan serbet berwarna merah dan taplak berwarna hijau untuk aksen natal yang kuat.

5. Gunakan Gaya Desain Interior Natal yang Minimalis

Anda dapat juga menggunakan gaya interior yang minimalis untuk ruangan natal Anda. Prinsip desain minimalis adalah tampilan yang bersih dan simple tanpa menampilkan ornamen-ornamen natal yang banyak. Misalnya Anda dapat menaruh ornamen pohon natal kecil di atas meja yang bersih tanpa menempatkan apa pun di sampingnya. Dengan gaya ini pohon natal itu menjadi fokus utama dan kebersihan meja menjadi backgroundnya.

Demikian tips dan ide dekorasi interior rumah untuk natal. Kalau Anda ingin berbagi tips lainnya, jangan lupa lewat kolom komentar.

Silahkan memberikan tanggapan di sini!

pargodungan.org | khotbah, renungan harian, gaya hidup kristen, spiritualitas, partitur koor, pacaran, pernikahan, karir dan pekerjaan, makalah kristen, gereja, download alkitab, software pelayanan gereja

Anda ingin membaca artikel ini? Gabung Yuk! Pastikan Anda sudah mengklik salah satu tombol di bawah!

Hubungi Kami

×